#NulisRandom2015 : Anak Global Positioning System

Kesasar sudah menjadi makanan saya sehari-hari. Mulai dari yang cakupan lokal, seperti saat disuruh nyebarin undangan, sampai ke yang sekala internasional saat saya harus blusukan di pinggiran Kayseri cuma buat nyari lokasi dokter gigi. Bahkan, saya bisa bilang dengan bangga, “Lost is kinda my bread and butter, y’know,” tiap kali ada yang tanya gimana saya bisa nyasar sampai segitunya.

Kali ini saya kesasar di tempat yang ga jauh-jauh amat, intinya, sih, di salah satu kota di pulau Jawa. Untungnya saya punya bala bantuan, seorang teman yang kebetulan lagi kuliah di salah satu universitas JOSS di sana (tau sendiri, lah). Sayangnya, dia ga begitu tahu daerah itu karena masih maba dan bukan asli sana. Jadinya, kami berdua secara resmi berstatus “semi kesasar.”

Untungnya, teman saya tidak kehabisan akal (maklum, anak univ JOSS, gitu). Dia keluarkan smartphone-nya, menaktifkan paket data, menyalakan GPS, buka Google maps, cari lokasi tujuan, dan dapat, deh, rutenya. Kami pun mencoba melanjutkan perjalanan sesuai rute yang ditunjukkan aplikasi bikinan raksasa teknologi itu. Hasilnya tidak terlalu memuaskan, kalibrasi GPS yang kurang akurat dan begitu   sembrawutnya dinamisnya jalan-jalan di daerah itu malah membuat kami berakhir dengan status “makin kesasar.”

image
Aku Nengdi, Ki?

Saya mengusulkan agar kami bertanya saja ke orang-orang yang ada di sekitar sana. Namun, teman dia masih bersikeras untuk mengandalkan teknologinya. Masih percaya kalau bakal “habis gelap terbitlah terang” hanya dengan gadgetnya dan koneksi internetnya tersebut.

Karena terang yang dinanti tidak segera terbit juga, saya memilih bertanya kepada seorang penjaga warung di dekat situ. Hasilnya? Memuaskan. Kami diberitahu rute yang amat mudah dan singkat, membuat Google Maps terlihat seperti orang buta arah. Dengan hati penuh rasa kemenangan, saya melirik sambil menyunggingkan senyum mengejek ke arah teman saya yang sedari tadi masih sibuk memandangi layar gadgetnya.

***

HIKMAH DARI KISAH INI APA, DONG, KALAU GITU?

Hikmahnya? GA ADA. Saya cuma mau cerita ngasal buat program #NulisRandom2015 . Udah, gitu aja. Ok, sip.

Kisah saya yang kesasar di waktu dan tempat yang ga tepat bisa dibaca di sini <——–

N.B.: Postingan ini terinspirasi dari kisah nyata dengan sedikit gubahan. Jika ada kemiripan tokoh, cerita, maupun lokasi mungkin hanya perasaan kalian saja.

5 pemikiran pada “#NulisRandom2015 : Anak Global Positioning System

Tinggalkan Balasan

