#NulisRandom2015 : Renungan dalam NostalGILA

Jika nyoba buat ingat-ingat masa lalu, bakal didapat berbagai macam kenangan. Mau yang indah, jelek, jengkelin, atau bahkan, eksotis.

Dari kenangan-kenangan tersebut kita jadi banyak belajar, menjadikannya sebagai batu pijakan untuk memperkokoh menara impian kita. Salah satu masa yang paling krusial dalam proses pembentukan diri adalah masa-masa remaja, di mana kita masih terombang-ambing gelombang  sifat labil.

Salah seorang terkenal di Indonesia, yang saya lupa siapa, pernah bilang bahwa masa muda adalah masa yang berapi-api. Menurut saya, pernyataan itu kurang tepat karena seingat saya, muda saya justru bersalju-salju.

Bernostalgia dengan jaman saya SMA di Turki dulu, kebetulan saya nemu foto yang saya pikir sudah lama hilang, dan ternyata masih ada gara-gara saya upload di akun tumblr saya.

image
Jatuh cinta sama salju, sekali peluk, ga mau lepas.
image
Efek samping rasa lapar yang melilit, salju bisa dijadikan cemilan yang sehat nan bergizi.
image
Ceritanya, lagi uji nyali.

Setelah melihat foto-foto di atas, saya jadi bertanya-tanya. Apakah IQ saya waktu itu juga turun mengikuti turunnya suhu udara? Hehe, hanya Allah yang tahu.

Yang ingin saya garis bawahi di sini adalah pentingnya memanfaatkan masa muda kita. Saat fisik kita diberi kekuatan lebih, jiwa ini disemati semangat yang meluap, akal kita dibekali rasa ingin tahu yang membuncah, alangkah baiknya kita kerahkan semua hal itu untuk hal yang positif.

Saya sendiri melalui masa muda yang penuh dengan kesalahan. Betapa banyak perasaan yang telah saya sakiti, ekspetasi yang telah saya kecewakan, dan hutang-hutang yang tak bisa saya balas. Minta maaf. Mungkin hanya itu lah yang mampu saya lakukan saat ini.

Jadi, bagi siapapun yang merasa pernah saya rugikan, baik besar maupun kecil, saya mohon maaf sebesar-besarnya, setulus-tulusnya dengan niat menjaga tali silaturrahim di antara kita.

Lütfen, hakkınızı helal edin.

Tinggalkan Balasan

