#JurnalLinuxKu: #1 Latar Belakang

Sekarang saya berstatus sebagai seorang mahasiswa di sebuah Universitas di daerah yang “semoga” masih istimewa. Melihat perkembangan yang ada, saya takut daerah ini bakal menjadi tempat yang pada-akhirnya-gitu-gitu-aja (ini akan menjadi topik bahasan di postingan yang lain).

Di Universitas saya, ada kerjasama antara pihak universitas dengan Microsoft (wew, saya sendiri juga kaget). Pihak Microsoft memberikan fasilitas berupa instalasi sistem operasi Windows dan Microsoft Office secara gratis. DIharapkan dengan fasilitas ini, akademisi di universitas saya bisa memakai produk-produk otentik dan tidak harus memakai software-software bajakan.

Sayangnya, hanya beberapa fakultas tertentu saja yang punya hak untuk instalasi OS (operaring system) dan office product yang asli. Sisanya hanya kebagian lisensi untuk office product dari Microsoft. Saya, yang kebetulan dari fakultas “sisanya” tersebut, hanya bisa dongkol.

“Lha, office-nya asli, kok OS-nya malah bajakan,” begitu pikir saya.

Nah, dari sinilah terbersit ide untuk memlih jalur yang “melenceng” sekalian.

Memakai OS berbasis Linux. That’s the switch.

Ya, saya ingin mencoba untuk Go Open-Source (mirip dengan slogan komunitas open-source di universitas saya, yang sepertinya terbengkalai, mungkin karena kerjasama dengan Microsoft, kali, ya). Melihat kondisi yang ada, sepertinya beralih haluan seperti initidak akan menjadi hal yang mudah. It’s not like a walk in the park, dude.

Hal ini sendiri menjadi tantangan buat saya, apakah saya bisa menempuh pendidikan di dunia perkuliahan dengan bermodalkan aplikasi-aplikasi open-source, yang cenderung menjadi alternatif bagi aplikasi proprietary (saya tidak tahu bahasa Indonesianya) yang ada? Ataukah saya harus menyerah dengan realita yang ada, dan mulai menjelajahi pirateb*y, is*hunt, dsj, untuk berburu serial-number dan crack?

Ya, kita lihat saja kelanjutannya 😀

 

Satu pemikiran pada “#JurnalLinuxKu: #1 Latar Belakang

Tinggalkan Balasan

