#JurnalLinuxKu: #4 Kendala

Memang dalam beberapa dekade ini penggunaan sistem operasi berbasis Linux sudah sangat mudah dan praktis. Akan tetapi, hal tersebut tidak menghalangi munculnya masalah-masalah yang bisa muncul secara tak terduga maupun masalah-masalah yang sudah menjadi “langganan.”

Begitu juga yang terjadi pada saya saat menginstall Xubuntu di laptop tercinta. Masalah pertama, dan sudah jadi langganan adalah tombol fungsi (tombol shortcut fn + f1-f12) yang tidak bekerja dengan benar. Dalam kasus ini, tombol pengatur brightness dan wifi laptop saya tidak bekerja.

Mengubek-ubek forum di internet, menggabungkan solusi dari beberapa artikel tutorial, dan dengan insting ke-sok-tahu-an saya, mengutak-atik grub, akhirnya masalahnya bisa diatasi. YAY! Tombol fungsi saya pun bisa bekerja secara sempurna….

Eh… Ternyata belum selesai sampai di situ. Tombol fungsi untuk disable/enable touchpad saya masih belum bekerja rupanya. Bedanya, ini bukan masalah umum yang bisa ditemui di berbagai distro, tapi cuma dikedapati di Xubuntu saja.

Solusinya, saya temukan dari internet, bash script yang berfungsi untuk men-enable/disable touchpad, dan tinggal saya sambungkan dengan shortcut tombol fungsi yang saya inginkan, fn + f9.

Kurang lebroih itulah beberapa hal yangsaya temui selama awal perjalanan saya dalam mengarungi dunia open-source. Saya tidak ingin terlalu masuk ke segi teknis dalam penulisan postingan ini. Saya hanya ingin memberi sedikit gambaran “serunya” mengutak-atik saat mencari solusi dari masalah yang dihadapi.

Intinya, dalam dunia open-source, tetap tenang, dinikmati saja karena pasti akan ada yang membantu kita, atau malah kita yang akan membantu orang lain saat terganjal masalah.

じゃあ、またね。

Tinggalkan Balasan

