#JurnalLinuxKu: #5 Huruf Ajaib

Ya, saya sekarang tengah menempuh pendidikan di jurusan Sastra Jepang di suatu kampus (yang katanya) kerakyatan di sebuah Daerah (yang semoga masih) Istimewa. Sebagai seorang yang belajar bahasa Jepang, tentu saja tidak akan jauh-jauh dari yang namanya huruf jepang (hiragana dan katakana), dan huruf Cina (kanji).

Lalu, bagaimana dengan support untuk huruf-huruf ini di sistem operasi berbasis linux? Ternyata tak sesusah yang dibayangkan. Yang dibutuhkan hanyalah mengganti input-method standar menjadi sesuai dengan yang kita butuhkan.

Untuk huruf dan input-method yang mendukung bahasa Jepang, saya menginstall fcitx dan fcitx-mozc sebagai input-method, dn jika belum ter-install, perlu juga untuk menambahkan font yang mendukung hiragana, katakana, maupun kanji.

Screenshot_2016-01-09_07-34-51
Nah, apa iu artinya… 😐

selain hal input-method dan font, saya juga membutuhkan aplikasi kamus untuk memudahkan belajar kanji maupun untuk kebutuhan penerjemahan. Pilihan saya jatuh pada Tagaini Jisho, aplikasi open-source dengan fitur premium.

Screenshot_2016-01-09_08-13-55
Fitur kanji stroke order: Mempermudah dalam belajar kanji
Screenshot_2015-12-26_12-17-32
Yang pasti: Fitur translasi 😀

Selain dari hal-hal yang saya sebutkan di atas, kita juga bisa memanfaatkan google translate (walaupun tidak saya rekomendasikan)  atau aplikasi berbasis cloud lainnya sebagai pelengkap.

Yup, intinya, perkuliahan saya lancar-lancar saja meski memakai sistem operasi anti-mainstream, tinggal bagaimana kita berusaha untuk berpikir sekreatif mungkin 😀

P.S..: Mungkin akan berbeda tergantung bidang keilmuan masing-masing. Karena saya sendiri belum menemukan alternatif terbaik untuk aplikasi dewa semacam AutoCAD, dan sejenisnya… -_-”

じゃあ、またね。

Tinggalkan Balasan

