Caffeine Nap dengan Secangkir Kopi

Ada dua hal, Kopi dan tidur. Kopi, satu dari sekian banyak hal yang saya suka, dan tidur, satu dari sekian banyak hal yang say butuhkan. Relasi antara kopi dan tidur tidak hanya seperti yang orang-orang tahu pada umumnya. Di mana Jika minum kopi akan berakibat tidak bisa tidur.

Orang-orang juga memanfaatkan kopi dengan cara yang standar, minum kopi secangkir-dua cangkir dan berusaha untuk tetap melek setelah itu. Padahal ada satu trik, di mana dengan melakukan itu, kita bisa mendapatkan Brain Reboot dengan konsumsi kopi (dengan kafeinnya) dan penempatan waktu tidur yang tepat. Cara ini berguna bagi orang-orang yang tidak sempat tidur dan membutuhkan kesegaran ekstra dalam waktu yang singkat.

Begini caranya…

[NB: Ini sudah saya coba sendiri, dan ternyata berhasil (saya juga kaget). Hasilnya mungkin akan berbeda tergantung individu dan tingkat kemageran masing-masing.]

  1. Tepat sebelum tidur, minum secangkir kopi. Kafein salam kopi akan butuh waktu untuk melalui gastro-intestinal tract. Memberikan waktu kita untuk tidur sesaat sebelum merasakan efek dari kafeinnya.
  2. Tutup mata, tenangkan diri dan pikiran, walaupun hanya tertidur sesaat. Ini disebut dengan effective microsleep.
  3. Batasi tidurmu hanya sampai 15 menit karena jika lebih dari itu akan membawamu pada sleep inertia, yang malah akan membuatmu kita nggliyeng, yang disebabkan oleh melambatnya proses pada prefrontal cortex, bagian otak yang mengurus masalah penentuan tindakan.

 

Setelah semua itu dilakukan, kita akan mendapatkan brain reboot, dan memberikan kesegaran kembali pada otak.

Eits.

“Bagaimana kalo ini HOAX? Kamu, kan, anak Sastra Jepang, bukan Kedokteran?”

Hmmm… Iya, juga, ya. Bisa jadi ini karena sugesti, Wallahu ‘Alam. Oleh karena itu lah saya menyertakan sitasi di bawah ini:

http://lifehacker.com/306029/reboot-your-brain-with-a-caffeine-nap.https://www.bulletproofexec.com/coffee-naps-bulletproof-power-nap/

Mohon diingat juga untuk bisa bijak dalam memakai trik ini. Link di bawah ini mungkin bisa membantu:

http://www.wired.com/2012/10/mf-know-whether-to-caffeinate-or-nap/

Tenang, saya juga tak ada niat untuk menyakiti siapapun dengan membuat postingan ini. Saya cuma seorang yang suka minum kopi. Have a nice sip! *eh And Nap!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s