Technocorner UGM 2016: Ber”Auau” dengan Teman Lama

Sebenarnya agak aneh jika anak FIB, Sastra Jepang pula, membahas mengenai event “fakultas seberang sana.” Akan tetapi, karena ada kenalan saya di acara itu, dan banyak hal menarik yang bisa dibahas, tidak ada salahnya untuk sedikit iklan berbagi pengalaman, hehe.

Hari Minggu, 13 Maret 2016, saya menyambangi acara Technocorner yang diselenggarakan oleh mahasiswa Fakultas Teknik, tepatnya Departemen Teknik Elektro dan Teknologi Informasi. Acara tersebut memfokuskan pada hal-hal yang berbau teknik, listrik, coding, robotik, dan hal-hal yang kerumitannya lebih dari merakit gundam.

Yang membuat saya tertarik ke sana adalah adanya expo, terdiri dari stand-stand tempat para peserta memamerkan hasil karyanya, baik yang dilombakan maupun tidak. Dua di antara peserta expo tersebut ada teman lama saya, jadi saya sempatkan untuk mampir sekalian endang-endang.

P_20160313_125302
Ini standnya (Rubik’s Cube tidak termasuk properti presentasi)

Di stand teman saya, seorang mahasiswa ilmu komputer UGM, dia memamerkan produk hasil karya teamnya, Auau, sebuah aplikasi mencatat dengan fitur reminder. Setelah melihat demonstrasi (demo aplikasi, bukan demo yang dilakukan BEM KM pada hari sebelumnya), saya meminta teman saya memberi versi developer dari aplikasi tersebut untuk saya coba pada gawai saya sendiri.

Screenshot_2016-03-14-05-27-35
Terinstall secara sempurna dengan .apk

Latar belakang dari pembuatan aplikasi ini adalah, fakta medis di mana waktu terbaik untuk mempelajari ulang hal-hal yang kita dapat hari itu adalah malam hari sebelum kita tidur. Aplikasi ini akan menyimpan catatan singkat dan menjadi pengingat bagi kita untuk membuka kembali materi-materi yang kita dapat pada waktu yang kita inginkan.

Screenshot_2016-03-14-05-01-37
Splash Screen-nya
Screenshot_2016-03-14-05-01-28
Ada bonus kutipan-kutipan bijak sebagai motivator belajar 🙂
Screenshot_2016-03-14-05-01-45
Side Menu
Screenshot_2016-03-13-12-51-04
Catatan yang berhasil saya simpan

Senjata utama dari aplikasi ini adalah User Interface yang bersahabat dan kategorisasi. Konsep yang sederhana ini berhasil dibungkus dengan apik sehingga nyaman digunakan. Namun, masih banyak hal yang perlu diperbaiki dan fitur-fitur pelengkap yang perlu ditambahkan. Fajar, teman lama saya sekaligus salah satu developer dari Auau juga berpendapat serupa. Aplikasi ini masih dalam tahap beta dan akan dikembangkan sesuai dengan feedback dari beta-tester (termasuk saya). Dia berencana mempublikasikan aplikasi ini ke Google’s Play Store dalam waktu dekat. Namun bagi yang gate ingin coba, bisa mengunduh .apk dari versi beta-nya di http://ugm.id/AuauBeta atau kepo-kepo ke fanpage-nya di https://www.facebook.com/AuauDev.

Sebenarnya masih banyak aplikasi-aplikasi seru yang ada di event Technocorner UGM 2016. Tapi kenapa saya cuma membahas Auau? Karena saya salah satu volunteer dari divisi marketing Auau ini aplikasi buatan teman saya. Ini bukan nepotisme, ya. Dia memang jago :D, dan saya juga berniat untuk membahas aplikasi-aplikasi lainnya di lain kesempatan. One thing at a time.

***

Masygul. Itu yang saya rasakan sepulang dari acara tersebut. Saya, sebagai seorang mahasiswa bidang sastra, merasa sendiri, bahwa sastra bukanlah sebuah ilmu terapan langsung, apa yang anak sastra pelajari ataupun ciptakan tidak bisa dengan mudah berimbas pada fisik dari pranata kehidupan masyarakat, kami menyentuh pikiran, sesuatu yang jauh lebih abstrak. Mungkin itu salah satu hal yang membuat saya terkadang iri dengan “anak-anak fakultas seberang sana.”

BONUS:

IMG_20160313_134251
Saya (kiri), Alwy, salah satu pencetus Majapahit Electronics (tengah), dan Fajar, developer Auau (kanan) di Technocorner UGM 2016

Sepertinya saya juga berhutang ulasan dan propaganda pada teman saya yang tengah itu. Sabar, ya…

Tinggalkan Balasan

