Cara Membuat Lontong Ala Bulek Yuli

Liburan kemarin saya dan adik mendapat tawaran yang cukup langka dari bulek (bibi) saya, yaitu ajakan membuat salah satu makanan pokok favorit saya, lontong, di rumah beliau. Tentu saja kami tak melewatkan kesempatan itu. Hal itu karena, satu, kami ingin tahu rahasia membuat lontong yang enak seperti bikinannya Bulek, dan dua, adik saya ingin menghindari kerjaan yang dimandatkan oleh Ibuk, yaitu menggoreng rengginang.

Sesampainya di tempat Bulek Yuli yang asri, saya dan adik langsung berburu daun pisang untuk membungkus lontong. Berhubung ini di kampung, kami tinggal mencarinya di sekitar rumah Bulek.

lontong
Ilustrasi lontong yang sudah matang (sumber: twitter.com)

photo_2017-07-13_05-18-52.jpg
Adik yang lebih memilih bikin lontong daripada goreng rengginang

Setelah terkumpul, daun pisang kemudian dipotong-potong sesuai kebutuhan. Kalau kamu suka makan lontong yang besar, daun pisangnya juga dipotong lebih panjang. Setelah dipotong jangan lupa daunnya dilap, biar bersih.

photo_2017-07-13_05-19-15.jpg
Daun pisang yang sudah dipotong-potong

Setelah itu, daun pisang tadi digulung memanjang dan salah satu ujungnya dicubles, ditahan dengan lidi agar tidak ambyar.

photo_2017-07-13_05-18-46.jpg
Pokoknya dibikin kaya paralon

Setelah itu, wadah lontong itu diisi dengan beras yang sudah dicuci. Ngisinya ga usah penuh-penuh, karena nanti berasnya akan mengembang.

photo_2017-07-13_05-18-48.jpg
Bulek mengisi beras dengan kecepatan Eyeshield 21, sampai-sampai pergerakan tangannya tidak bisa ditangkap kamera

Setelah beras dimasukkan, ujung satunya lagi dari gulungan daun pisang itu juga dicubles dengan lidi. Setelah itu, masukkan lontong mentah ke dalam panci atau dandang yang berisi air. Pastikan lontong dalam kondisi terendam air sepenuhnya saat di dalam dandang.

photo_2017-07-13_05-18-30.jpg
Lontong yang sudah nyemplung di dalam dandang

Kemudian naikkan dandang ke atas perapian. Di rumahnya, Bulek masih menggunakan tungku dengan bahan bakar kayu. Hal ini yang membuat cita rasa lontong maupun masakan Bulek yang lain bisa khas-khas daerah pedesaan.

photo_2017-07-13_05-19-22.jpg

Lalu, saatnya melakukan hal yang paling sulit, susah, dan sukar: menunggu. Sebenarnya tidak terlalu lama, cukup 3-4 jam untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Sambil menunggu, dipastikan juga untuk menjaga agar besarnya api tetap stabil.

Nah, itulah cara membuat lontong ala Bulek Yuli.

Apa? Bulek kamu cara bikin lontongnya juga kaya gitu?

Hmmm…

Jangan-jangan…

Kita jodoh?

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s